السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Share

7 Penyebab Laptop atau PC Komputer Booting Lama dan Lelet - Penyebab laptop / PC lambat booting memang banyak sekali, terkadang booting sangat mengganggu sekali saat laptop sangat dibutuhkan pekerjaan mendesak seperti presentasi. Salah salah kita sendiri malah kesal menunggu booting laptop yang terlalu lama dan pada akhirnya laptopnya dibanting :D


Booting sebenarnya merupakan proses awal untuk me-load sebuah sistem operasi, baik itu windows, linux, android dan sebagainya tetap akan berawal dari booting. Nah permasalah booting ini sebenarnya banyak sekali di alami, ada yang sehabis menginstall tiba – tiba mengalami booting yang cukup lama dan ada pula setelah 1 – 2 bulan penggunaan PC menjadi lambat saat booting, lantas apa penyebabnya ?

Nah kali ini saya akan menshare pengalaman saya mengenai laptop / PC tiba tiba mengalami lambat di booting khususnya di produk windows :

1. Menggunakan Program Ilegal Untuk Membajak

Nah ini yang sering saya alami sewaktu menjadi teknisi warnet, setelah melakukan instalasi sistem operasi, yang selanjutnya saya lakukan adalah membajaknya. Memang sih tidak boleh hehe :D. Pembajakan yang tidak benar juga berakibat hang di booting, setelah diamati ternyata crack yang saya lakukan mengalami crash dengan driver driver audio motherboard sehingga saya melakukan instalasi ulang windows dan mendownload sebuah program ilegal yang baru.

2. Terlalu Banyak Program

Penyebab booting lambat yang ini sudah sangat wajar di temui di PC – PC mahasiswa, ataupun SMK. Banyak program bukan berarti memberatkan saat program itu dijalankan, akan tetapi sangat berpengaruh sekali di booting.

Bila anda sudah mengalami hal ini, kemungkinan besar harus melakukan install ulang. Namun untuk beberapa tindakan seperti uninstall / add remove program juga terkadang bisa membantu mengurangi booting yang melambat. Silakan dicoba saja untuk membuang program yang tidak dibutuhkan.

3. File Boot Sudah Terinfeksi Virus

Mungkin dari nomer satu dan dua tidak termasuk, penyebab yang ketiga ini dapat anda cek sendiri melalui scan antivirus atau yang lebih pasti tancapkan flashdisk kosong ke PC anda dan kemudian lakukan scan di PC lain. Bila :

  1. Terdapat file hidden aneh yang tercopy otomatis di flashdisk kemungkinan besar adalah virus dan otomatis PC anda juga terinfeksi.
  2. Di Scan terdapat sebuah virus.

4. Terlalu Banyak Program Berjalan Di Startup

Startup memang sangat bermanfaat sekali untuk menjalankan program secara otomatis setelah windows muncul. Namun disisi lain memiliki dampak negatif yaitu booting menjadi lambat. Anda bisa mengeceknya sendiri melalui : Run -> Msconfig -> Startup -> Uncheck program yang tidak diperlukan.

5. File Temporary Di Drive C Membengkak

File temporary merupakan file masa lalu baik itu bekas unduhan maupun cookies browsing. Namun sebagian besar dari file temproray adalah sampah yang tidak berguna, bila komputer anda sudah bertahun – tahun digunakan dipastikan file temporary bisa mencapai puluhan Giga yang sangat memberatkan windows.

Coba hapus semua, namun sebelum itu cek terlebih dahulu ukuran file temporary-nya agar anda mengetahui besarnya file yang anda simpan. Untuk melihat folder temporary berbeda beda :

  • Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp 
  • Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp
  • Cara Mudah : Ketik Run -> tuliskan %temp%

Sebelum masuk ke user pastikan folder hidden anda buka, dan Users\... juga bisa berubah sesuai dengan nama PC anda.

6. Memory Sudah Mulai Rusak

Nah sebelum memastikan memory rusak atau tidak, bersihkan terlebih dahulu memory RAM anda dengan menggunakan penghapus pensil dan untuk slotnya bisa menggunakan kuas kecil. Bila dirasa sangat lambat, padahal memory anda cukup besar (up 4GB) , kemungkinan besar RAM anda sudahh mulai lemah. Cobalah untuk mengganti RAM PC lain yang normal.

7. Windows Rusak

Windows yang sudah lama dipakai juga akan mengalami kerusakan baik itu disebabkan oleh virus ataupun crash saat menambahkan program. Memang sebuah program juga memiliki massa rusak, sama seperti perangkat keras lainnya. bila booting yang dialami sangat menggangu sekali, silahkan install ulang windowsnya karena solusi yang terbaik adalah memperbarui kembali windows yang telah lama digunakan.

Lihat juga artikel menarik lainnya :


Click to commentTUTUP
 

NEW UPDATE

NEW TUTORIAL

NEW DOWNLOAD

NEW ARTIKEL